Thursday, July 1, 2010

The amazing magic spite

The amazing Magic Spite.
Saat membaca istilah ini dari internet yang ditulis orang sono, saya jadi tersenyum dalam hati. Eeeee...... ternyata orang sono kadang juga melakukan hal sedikit konyol yang sama dengan yang kadang kita lakukan, hanya istilahnya saja yang mereka gunakan lebih keren yaitu keajaiban “Magis spite”.


Bagi teknisi yang sudah lama buka praktek mungkin hal seperti ini pernah juga dilakukan. Ketika suatu saat kita menjumpai problem yang cukup memusingkan karena tidak kunjung ketemu penyebabnya, misalnya warna tidak normal, gambar ada gangguan, suara tidak normal, vertikal tidak linear. Semua jurus teori maupun pengalaman yang dimiliki sudah diterapkan, semua tegangan sudah diperiksa, semua part sudah diperiksa dan semua nampaknya ok-ok saja, bahkan beberapa part mungkin sudah coba diganti. Tetapi hasilnya tetap NOL BESAR.


Maka sebagai senjata pamungkas aji sedikit ngawur dikeluarkan dengan harapan kali ini akan ada keajaiban. Dengan ujung jari yang sudah dijilat agar sedikit basah maka mulai raba sana - raba sini pada bagian-bagian pcb tertentu. Dan kadang hasilnya tiba-tiba jreeeeeeng......... problem langsung lenyap..... gambar langsung bagus........atau suara langsung bersih.


Jika menghadapi situasi seperti ini maka tindakan selanjutnya yang pertama kami lakukan adalah cek ulang part-part pada lokasi sekitar titik yang kita raba tadi, mungkin ada part yang telah berubah nilainya. Kedua, jika ternyata semua part sudah dicek maupun coba diganti problem tetap ada maka :
  • Kami akan ambil AVO-meter dan pasang pada posisi Dc-volt.
  • Sebenarnya tujuan pemakain AVO-meter disini bukan untuk mengukur tegangan, tetapi adalah sebagai “pengganti resistor” untuk sementara.
  • Kemudian cari lokasi titik-titik dimana yang tadi kita raba yang membuat problem hilang - dengan AVO-meter kita coba hubungkan titik-titk tersebut ke ground atau ke suply Vcc.
  • Jika ada perubahan perbaikan, coba rubah-rubah posisi switch dc-volt pada AVO-meter untuk memilih hasil yang paling bagus
  • Misalnya hasil paling bagus AVO pada posisi 10v. Kemudian lihat sensititas AVO-meter yang tertera pada panel AVO tersebut. Jika tertera angka DC 20k/V maka berarti AVO tadi mempunyai resistansi pada posisi 10v mempunyai resistansi 10 x 20k atau 200k ohm
  • Cari resistor dengan nilai sekitar 200k dan dipasang pada lokasi dimana AVO tadi ditempelkan.
  • Kalau perlu coba-coba mengganti nilai resistor dengan nilai lebih besar atau lebih kecil sedikit, untuk menghasilkan gambar atau suara yang paling bagus misalnya.
Catatan :
  • Hati-hati jika meraba bagian horisontal osilator atau horisontal AFC. Kadang dapat menyebabkan frekwensi horisontal berubah, flyback bunyi ngencrit dan transistor HOT rusak.
  • Jangan meraba bagian yang mempunyai tegangan tinggi.