Saturday, September 25, 2010

Menghidupkan teve tanpa tabung gambar

Menghidupkan main-pcb pesawat teve tanpa tabung gambar (CRT) dan def yoke memang biasa kami lakukan, tetapi hanya kami lakukan sebatas saat :
  • Memperbaiki kerusakan bagian power suply
  • Memperbaiki keruskan bagian horisontal osilator hingga ke bagian horisontal driver saja.
  • Untuk amannya biasa kmi lepas dahulu transistor horisontal, atau memutus jalur suply B+ ke flyback.
 
Resiko menghidupkan teve jika tegangan tinggi flyback tetap bekerja.
Mencoba menghidupkan tegangan tegangan tinggi flyback tanpa tabung gambar jarang sekali kami lakukan karena mempunyai resiko merusak ic. Kalau kerusakan menimpa ic mikrokontrol atau ic chroma misalnya, maka harganya tentu tidak murah. Apa lagi kalau menimpa teve model lama, dimana partnya belum tentu ada lagi………..ini namanya musibah.


Kenapa resiko ini dapat terjadi.
Penulis sudah merasakan mengalami musibah semacam ini (tidak bayaran malah nombok he..he...he..). Kalau selama ini anda belum pernah merasakan tertimpa musibah semacam ini, mungkin hanya belum saja.... (mudah-mudahan tidak…)
Coba ingat pelajaran pertama saat belajar dasar kelistrikan dahulu. Diajarkan bahwa “arus listrik adalah merupakan arus tertutup”. Artinya bahwa listrik dari kutup positip sumber-listrik selalu mengalir keluar melewati suatu beban dan pasti akan masuk kembali ke kutup negatip sumber-listrik tersebut.
Demikian pula yang terjadi pada kop-anode tegangan tinggi flybak yang dibiarkan terbuka. Akan terjadi “semprotan listrik tegangan tinggi”. Semprotan listrik tegangan tinggi ini bukannya langsung hilang keudara begitu saja, tetapi tetap akan mencari jalan untuk kembali ke grounding pesawat teve atau istilah teknisnya “HV return”. Semprotan listrik akan membentuk semacam awan elektron yang tidak nampak dan mencari jalan kembali ke ground pesawat teve. Dia akan mencari jalur kembali yang terdekat. Bisa saja kembali melalui udara, atau melalui meja kerja. Kalau kebetulan jalur yang ditempuh melalui salah satu pin sebuah ic, maka ada resiko ic tersebut menjadi rusak.
Resiko ini besar kemungkinan bisa terjadi jika kop anode menghadap kebawah. Tegangan tinggi flybak akan menyemprot kerah meja kerja dan arus listrik akan mengalir kembali menuju main pcb pesawat teve. Umumnya main-pcb saat dihidupkan dipasang dengan posisi terbalik dimana komponen ada dibagian bawah yang dekat dengan permukaan meja, sehingga kalau kebetulan ada sebuah ic yang posisinya dekat dengan permukaan meja, maka mempunyai resiko rusak yang paling besar.
Apa lagi kalau udara kondisinya agak lembab.
 
Bagaimana cara memperkecil resiko.
Mungkin anda terpaksa harus melakukan menghidupkan teve tanpa tabung gambar. Untuk memperkecil resiko maka dapat dilakukan dengan :
  • Jauhkan kop anode dari main pcb dengan posisi kop anode menghadap keatas. Biasanya kami beri pemberat tang besar.
  • Sediakan kabel engkel sepanjang kurang lebih 30cm.
  • Solder ujung kabel pada ground flyback.
  • Ujung kabel lainnya dilingkarkan disekitar kop anode dengan jarak sekitar 5cm dengan harapan “hv return” akan kembali melewati kabel ini.
  • Hidupkan sebentar saja dan jangan dilakukan berulang-ulang.
 
****************************************************

No comments: