Sunday, February 27, 2011

Problem kontrol-kontras pada TA8690 dapat menyebabkan probem vertikal


Masih sering terima repair teve yang menggunakan TA8690? Mungkin pengalaman kami ini ada manfaatnya.
Suatu ketika setelah selesai merepair teve model lama yang menggunakan ic TA8690, maka iseng-iseng kami mainkan ajustment pada kontrol britnes, color dan kontras. Seting-an lama kontrol kontras kami lihat pada maksimum 100. Ketika seting-an coba kami turunkan - tiba-tiba mendadak raster jadi satu garis horisontal (problem vertikal)
Cilaka!!! .....ada masalah apa lagi teve ini ? Apa mungkin kebetulan tiba-tiba TA8690 mendadak rusak bagian vertikalnya.
  • OKlah – kami bongkar lagi itu teve
  • Cek bagian vertikal-out tidak ada masalah.
  • Apa benar TA8690 mendadak rusak?
  • Kami masih meragukan akan hal ini.
  • Kembali mengingat hal terachir yang kami lakukan – yaitu adjustment pada kontrol-kontras – kami berpikir apakah masalah ini ada hubungannya?
Mau mengembalikan adjustment rasanya tidak mungkin – karena raster hanya satu garis. Adjustment TA8690 ini masih menggunakan sistim tegangan analog. Karena itu iseng kami coba naikkan tegangan kontrol-kontras dengan cara memasang resistor 10k dari suply tegangan Vcc 9v ke pin-39 kontrol-kontras TA8690.
Dan hasilnya adalah cukup mengejutkan.
  • MENDADAK RASTER MEMBUKA KEMBALI
  • Kami coba lepas resistor 10k – raster kembali menjadi satu garis
 
Kesimpulan  :
Pada TA8690 jika tegangan pada pin-39 kontras-kontrol drops pada level tertentu atau tidak ada sama sekali – maka dapat menyebabkan bagian vertikal tidak fungsi. Pengalaman kami ini sudah pernah kami uji coba pada teve lain yang masih bagus – yaitu dengan men-short ke ground pin kontras kontrol – ternyata hasilnya sama, yaitu vertikal jadi satu garis
 
++++++++++++++++++++++++++++

No comments: