Sunday, March 20, 2011

Teve kena petir


Pengalaman kami tanda-tanda teve rusak karena kena petir dapat berupa antara lain :
  • Ada bagian pcb yang gosong. Terutama sekitar bagian power supply.
  • Ada jalur printed yang terbakar sampai mengelupas. Kebanyak jalur merupakan sambungan ground.
  • Ada beberapa komponen jenis semikonduktor (diode, transistor, ic, rergulator, photocoupler, SExx, TLPxx) yang rusak short atau kadang bodinya sampai retak/pecah
  • Memori data korupt
Kebanyakan petir masuk lewat jalur listrik rumah, jarang sekali terjadi masuk lewat antena. Walaupun petir tidak mengarah langsung ke teve, misalnya menyambar pohon kelapa yang berjarak agak jauh kadang tetap dapat menimbulkan kerusakan. Tidak peduli teve dalam keadaan dihidupkan atau dimatikan, kalau colokan kabel listrik tetap tersambung - resiko kena petir tetap ada. Kadang pemilik tidak sadar kalau tevenya telah kena petir karena lagi tidak dinyalakan. Berat ringannya kerusakan tergantung jarak petir terjadi dengan teve.
Memperbaiki teve yang kena petir  :
  • Kadang memang ada yang sifat rusaknya ringan
  • Tetapi yang paling menjengkelkan bila kita sudah payah-payah memperbaiki bagian regulator dan bagian horisontal misalnya, ternyata bagian IF dan tuner juga rusak. Biaya jadi mahal dan konsumen keberatan. Kita banyak kehilangan waktu, tenaga dan part yang sudah terlanjur diganti.
  • Jika keruskan dirasa berat. Maka paling cepat dan praktis  -  langsung saja ganti dengan mesin china.
Untuk mencegah TV kena petir – maka yang paling safe dilakukan adalah dengan “melepas colokan kabel listrik” bila cuaca lagi banyak terjadi petir.
 

+++++++++++++++++++++++++++

Komentar dari : Santoso

Sepanjang pengalaman saya TV yg rusak berat kena petir itu rata-rata yang saat kejadian petir menyambar pas TVnya dalam keadaan mati tapi kabel listriknya dicolokkan, sedang yg sedang ditonton malah kebanyakan rusaknya ringan, apakah ini cuma suatu kebetulan atau bagaimana Pak?

Wah info ini perlu dilakukan reset terlebih dahulu. Mungkin kalau lagi banyak petir orang-orang pada takut menghidupkan teve. Atau mungkin ada hal-hal teknis yang perlu dipelajari dulu.

No comments: