Sunday, July 31, 2011

Membuat daya magnet obeng lebih kuat

 

Ketika berkunjung ke bengkel salah seorang teman yang menjadi ASC (autoriced service center) salah satu merk dan  memiliki peralatan yang cukup komplit. salah satunya kami tertarik dengan sebuah alat khusus yang dapat digunakan untuk membuat agar obeng ter-magnetisasi. Alat seperi ini baru pertama kali kami lihat dan berbentuk seperti kotak korek api yang mempuyai dua buah lubang. Katanya alat tersebut diperoleh dari salah satu toko di kota Solo. Jika obeng dimasukkan pada salah satu lubang 9tidak sampai menempel) maka obeng akan langsung termagnetisasi. Tapi anehnya jika dimasukkan pada lubang lainya maka daya magnetnya justru akan hilang sama sekali.

Melepas atau memasang screw menggunakan obeng yang tidak mempunyai daya magnet memang bisa membuat kesal. Untuk membuat membuat agar obeng memiliki daya magnet, kami sebelumnya biasa menggosok-gosokkan (dengan menempelkan) secara satu arah pada sebuah magnet permanent. Magnet yang kami gunakan merupakan bekas dari motor kompresor ac mobil yang cukup kuat. Tetapi selama ini hasilnya tidak sekuat jika menggunakan dengan alat yang dimiliki teman saya tersebut.

Diilhami dengan alat yang dimiliki teman kami tersebut maka kami coba seperti menggosokkan obeng dengan satu arah, tapi kali ini tidak langsung menempel pada magnet – tetapi hanya didekatkan saja (sedekat mungkin tetapi jangan sampai menempel). Ternyata hasilnya jauh lebih kuat jika dibandingkan dengan cara menggosok dengan menempel pada magnet

 

***************************

No comments: