Tuesday, January 3, 2012

Ganti UPS Astello ada gangguan gambar

 

Pasang Ups Astello gambar selalu muncul garis putus-putus horizontal (dari ahmad baidowi wongmediun@gmail.com)

Saya sudah berulangkali mengalami hal seperti ini, dan mungkin pernah dialami rekan-rekan teknisi yang lain.  Setiap memasang modul ups Astello sering muncul gangguan :

  • Gangguan berupa garis putus-putus yang memenuhi layar secara horizontal.
  • Gangguan seperti motif jala-jala. 
  • Gangguan kadang disertai suara agak kasar seperti chanel bergeser.

Semua tegangan sekunder saya cek normal. Semula saya berpikir karena gangguan interfensi frekuensi tinggi dari ups Astello tersebut. Saya coba jauhkan Astello dan posisinya saya ubah-ubah. Eee... ternyata tetep aja masih gangguan ....

Sampai sekarang saya masih kesulitan. Mohon bantuannya bapak Marsono kira-kira apa penyebab gangguan tersebut dan bagaimana cara mengatasinya. 

 

JAWAB :

Saya sendiri sudah berkali-kali mengganti dengan Astello, tetapi kok belum pernah menjumpai gangguan-gangguan seperti diatas. Jadi belum pernah coba otak-atik masalah tersebut.

  • Semua switching regulator sama juga seperti  Astello dapat menimbulkan gangguan seperti diatas yang istilah teknisnya adalah RFI (radio frekwensi interference).
  • RFI muncul akibat arus listrik yang diswitching on-off dengan frekwensi tinggi.
  • RFI ini dipancarkan seperti halnya gelombang radio atau teve dan dapat diterima oleh antena sehingga menimbulkan gannguan.
  • Dan gangguan dapat muncul lebih parah jika desain sebuah switching regulator tidak baik, misalnya karena frekwensi switching yang tidak stabil, serta tidak adanya sirkit untuk meredam RFI.

Untuk mengatasi atau menghilangkan atau minimal mengurangi gangguan tersebut, ada beberapa cara untuk dicoba.

  • Perbaiki antena penerima. Mungkin kabel coaxial antena yang digunakan kualitas kurang bagus sehingga gangguan mudah masuk lewat antena. Mungkin juga penerimaan sinyal teve setempat tidak terlalu kuat, sehingga gangguan jadi menonjol dibanding sinyal yang diterima.
  • RFI  dipancarkan lewat par-kabelan. Oleh karena itu sedapat mungkin penggunaan kabel sependek mungkin (untuk Astello terutama kabel merah dan kabel hitam). Menjauhkan Astello justru dapat memperparah gangguan karena perkabelan menjadi tambah panjang.
  • Setiap switching regulator pada bagian kumparan primer selalu ada sirkit untuk meredam frekwensi transient yang mungkin dapat menimbulkan gangguan RFI. Jika memasang Astello maka sirkit tersebut biarkan terpasang jangan dilepas (.......lihat contoh gambar dibawah).

clip_image002

clip_image004

clip_image006

 

***************************

No comments: