Wednesday, May 9, 2012

Perlukah teknisi memiliki osiloskop ???

 

Baca dulu cerita dibawah ini :

  • Si A adalah teknisi senior. Dia sangat memahami dasar-dasar elektronika, menguasai teori teve. Memahami bentuk-bentuk pulsa. Dan dapat melakukan analisa dengan cara melihat bentuk-bentuk pulsa...............Jika bekerja tanpa osiloskop maka akan rasanya akan seperti prajurit yang kehilangan senapannya. Memang masih bisa membunuh musuh dengan sangkurnya, tetapi jadi lebih sulit dan lama jika dibanding saat masih memegang senapan.
  • Si B adalah teknisi junior. Saat ikut kursus belum belum pernah diajari tentang penggunaan osiloskop. Dia mendengar bahwa osiloskop dapat memudahkan teknisi dalam melacak suatu kerusakan. Maka dia pun membeli sebuah osiloskop............tetapi achirnya bingung sendiri.......tidak tahu cara memakainya. Setahun sudah dia memiliki osiloskop....dan tak pernah digunakan sama sekali........dan achirnya dijual.
  • Dinegara maju semua teknisi memiliki osiloskop...dan mereka memahami cara penggunaannya.........sebab salah satu syarat jadi teknisi (dan buka bengkel).....mereka harus memiliki kompetensi cara penggunaan osiloskop (dan lulus test).
  • Saya ada pengalaman pernah membawahi hampir sebanyak 120 orang teknisi yang tersebar di 21 kota. Hanya sekitar 10% saja dari mereka yang menggunakan osiloskop...lainnya alergiiiiii........

 

Apakah sebenarnya fungsi osiloskop?

  • Sinyal-sinyal pada teknik teve, audio, power suply misalnya. Sebenarnaya merupakan sinyal-sinyal listrik yang mempunyai tegangan, bentuk pulsa dan frekwensi. Misalnya Listrik PLN mempunyai tegangan 220v ac, berbentuk sinus dengan frekwensi 50hz.
  • Osiloskop merupakan alat yg dapat digunakan untuk melihat : bentuk grafis suatu sinyal listrik, tegangannya, dan frekwensinya (atau timingnya).
  • Volt meter hanya dapat mengukur tegangan rata2 (jadi hanya tegangan semu), dan tidak dapat digunakan untuk melihat bentuk maupun mengetahui frekwensinya.

 

Jadi kesimpulannya :

  • Osiloskop dibutuhkan bagi mereka yang betul-betul telah menguasai teknik elektronika, karena akan mempermudah dan mempercepat dalam melacak atau menganalisa suatu kerusakan.
  • Bagi teknisi pemula atau yang belum memahami teori secara mendalam....osiloskop belum perlulah.....

 

Gambar bawah adalah contoh bentuk-bentuk pulsa yang dapat dilihat menggunakan osiloskop.

clip_image002

clip_image004

No comments: