Saturday, June 30, 2012

Protek horisontal Sony dengan CXA1213

 

Model-model Sony lama yang menggunakan ic CXA1213 ini mempunyai sistim protek yang akan mematikan kerja bagian horisontal  jika terjadi B+ over voltage.

  • Berdasarkan keterangan dari datasheet CXA1213 pin-22 adalah pin yang digunakan untuk mendeteksi jika terjadi over voltage.
  • Jika terjadi over voltage maka pin-27 HD (Horisontal Drive) tidak akan mengeluarkan pulsa-pulsa horisontal.
  • Pin-21 mendapatkan tegangan referensi dari diode zener D321 sebesar 5.6v
  • Sirkit protektor adalah Q561. Dari kolektor melalui sebuah diode dihubungkan ke pin-22

clip_image002

clip_image004

  • Pada kondisi normal tegangan pada kolektor Q561 adalah nol.
  • Jika terjadi B+ over voltage, maka emitor-kolektor akan tembus sehingga kolektor ada tegangan. Hal ini akan menyebabkan tegangan pada pin-22 naik dan horisontal protek.
  • Untuk melumpuhkan sistim protek, maka dapat dilepas Q561.

 

 

Catatan : Horisontal Vcc CXA1213 adalah pin-25 (9v)

 

*************************************

Sunday, June 24, 2012

Philips chasis L01.02A protek (ic tempel TDA955x)

 

Philips chasis L01. 02A yang menggunakan ic tempel UOC TDA955x

Dapat dikategorikan menjadi 4 macam sistim protek yang perlu sekali dipahami kerjanya pada chasis ini.

1.Yang paling utama diperiksa dahulu adalah protek Vertikal guard, yang dapat disebabkan karena :

  • Tegangan suply (+)13V atau (-)13v dari flyback terputus karena ada resistor yang terbakar
  • IC vertikal rusak
  • Flyback belum bekerja
  • Sirkit vertikal guard ada komponen yang rusak

2.Protek AKB atau IK. Kalau pada teve Sony misalnya, problem pada sirkit AKB menyebabkan raster gelap. Pada Panasonic chasis ini, problem AKB akan menyebabkan pesawat mati protek. Penyebabnya antara lain adalah :

  • Adjustment VR screen tegangan tidak tepat
  • Emisi CRT sudah tidak balance
  • Kerusakan part pada jalur sirkit umpan balik AKB dari CRT soket ke IC chroma seperti pada gambar dibawah.

clip_image002

clip_image004

3.Protek I2C atau data komunikasi. Yang dapat disebabkan karena :

  • Kerusakan pada komponen yang terhubung dengan SDA/SCL.
  • Tegangan Vcc untuk komponen yang terhubung dengan SDA/SSL drops
  • Jalur SDA/SCL ada yang putus atau setengah short
  • Untuk mengindentifikasi bagian yang rusak maka dapat diperiksa dengan “self diagnosa

4. Over-voltage atau Over-current protek (khusus untuk 29 inch). Dapat disebabkan karena :

  • IC Audio short sehingga Vcc audio over current)
  • Flyback atau Transistor horisontal out problem sehingga B+ over current
  • Tegangan B+ over voltage.

 

*********************************************

Service-mode Panasonic chasis GL1 dengan ic tempel TDA12xxx.


Service-mode Panasonic chasis GL1 dan GP31  yang menggunakan ic tempel UOC kaki 80-pin seperti seri TDA12120, TDA12140, TDA12166,
 
  • Set TIMER ON pada 30
  • Tekan VOL-DOWN pada front panel bersamaan dengan RECALL pada remote
  • Beberapa detik kemudian akan muncul display CHECK.1
  • Tekan “2” untuk pindah ke CHECK.2, CHECK.3....dst
  • Tekan “1” untuk pindah dari CHECK.3, CHECK.2....dst
 
CHECK.1 merupakan adjustment item OPTION
  • Tekan “3” atau “4” untuk memilih item
  • Tekan VOL UP/DOWN untuk merubah data option
  • Tekan “0” untuk menyimpan perubahan data
CHECK.2 merupakan adjustment item Contras, Colour, Bright, RF AGC
  • Tekan “3” atau “4” untuk memilih item
  • Tekan VOL UP/DOWN untuk merubah data option
  • Tekan “5” 2x
CHECK.3 merupakan adjustment Vertikal
  • Cara seperti Check.2
CHECK.4 merupakan adjustment white balance
  • Cara seperti Check.1
Terachir untuk keluar dari service-mode tekan tombol POWER-OFF
 


***************************************








Sunday, June 17, 2012

Memahami lebih detail Service-mode Philips chasis L01.02A TDA95xx (ic tempel)

 

Memahami secara detail manfaat Service-Mode pada Philips chasis L01.02A yang menggunakan UOC TDA95xx (ic tempel), tentu akan memberi banyak manfaat yang berguna bagi teknisi.

image

Manfaat :

  • Untuk penyetelan seperti pada umumnya pada model-model lain
  • Dengan masuk service mode – sistim protek akan dilumpuhkan. Sehingga dengan masuk service mode akan lebih memudahkan dalam melacak penyebabkerusakan protek.
  • Ada fasilitas “self diagnosa” atau “error buffer” yang akan menunjukkan bagian-bagian yang problem jika terjadi mati protek.

Cara masuk service mode.1

  • Menggunakan Remote ori atau Chunghop RM109E yang diset pada “141”
  • Tekan angka “062596” kemudian dilanjutkan tekan tombol ‘MENU”

Cara masuk service mode.2

  • Hidupkan teve (power on) kemudian cabut colokan (kabel ac cord) listrik
  • Shortkan jumper 9631 dan 9641 menggunakan pinset
  • Pasang kembali colokan listrik.
  • Saat pesawat mulai menyala segera lepas pinset. Jangan terlalu lama men-shortkan jika pesawat telah hidup.

image

Navigasi :

  • Gunakan cursor up/down untuk memilih item ( jangan menggunakan ch up/down)
  • Gunakan cursor kiri/kanan untuk merubah data ( jangan menggunakan vol uip/down)
  • Untuk EXIT tekan tombol ST-BY (POWER), bukan dengan mematikan power listrik

Saat masuk service-mode maka pada layar akan terlihat

image

  • Indikator yang menunjukkan berapa jam teve telah dihidupkan (st-by tidak dihitung)
  • ERROR BUFFER ( deretan angka 00) yang dapat menunjukkan bagian yang problem jika terjadi protek (kadang mati sendiri)
  • Software indentifikasi
  • Clear, untuk menghapus data error buffer kembali ke 00
  • Option byte
  • AKB on-off
  • Tuner (tidak perlu diajust karena akan automatis adjustment)
  • White tone
  • Geometry (untuk adjustment Vertikal size dll)
  • Audio

Bagaimana membaca ERROR BUFFER 00 00 00 00 00.

  • Ada 5 buah deretan 00
  • Misal muncul angka 04 00 00 00 00. Artinya telah terjadi problem pada error “04” (lihat tabel data)
  • Atau mungkin angka 04 11 00 00 00. Artinay ada 2 macam problem yaitu error “04” dan “11:.

Catatan :

  • Error baffer otomatis akan di clear secara otomatis jika pesawat telah dihidupkan selama 50 jam.

image

Kode kedip led merah.

Pada saat masuk service-mode mungkin saja raster tidak menyala, maka untuk mengetahui error kode dapat diketahui dengan cara mengamati cara kedip lampu indikator led merah.

Misal error kode 10 akan ditunjukkan dengan cara sebagai berikut, segera setelah pesawat mati protek

  • Led nyala panjang sekitar 750 milidetik
  • Pause (led padam) sekitar 1,5 detik
  • Kemudian dilanjutkan kedip-pendek sebanyak 9x
  • Setelah error ditunjukkan kemudian led akan kedip-panjang selama 3 detik
  • Proses berulang lagi.

 

Misal error 12 09 00 00 00

  • Led nyala panjang selama 750 mili detik
  • Pause (led padam) sekitar 1.5 detik
  • Kedip pendek sebanyak 2x
  • Pause sekitar 3 detik
  • Kedip pendek sebanyak 9x
  • Setelah error ditunjukkan akan dilanjutkan kedip-panjang selama 3 detik
  • Proses berulang lagi.

 

 

********************

Dapatkah Regulator Toshiba STR-Z diganti dengan Gacun (Universal power Supply)

 

Seorang teknisi mengirim email dan bertanya :

wildan tauhid wildanthd@gmail.com

Mohon bantuannya pa, bagaimana caranya memodifikasi regulator Toshiba
yg menggunakan STR-Z3202 dengan regurator matic GACUN.....ditunggu
jawabannya pa.....terima kasih dan sehat selalu utk bapak......amin..

 

Kalau dipelajari dari cara kerjanya, PSU Toshiba yang menggunakan STR-z ini cara kerjanya berbeda dengan PSU umumnya yang sering dijumpai. PSU semacam ini kadang juga dijumpai pada Sony, PSU CPU komputer

Sistim kerja dasar PSU STR-z dapat dilihat pada blok skema dibawah ini.

clip_image002

Maka dapat dilihat perbedaannya antara PSU Str-z ini dengan PSU switching regulator yang umum dipakai, yaitu

  • Tranfo switching tidak disambung langsung langsung pada tegangan dc 300v (dari elko besar)
  • Primer tranfo switching merupakan sirkit LC resonant
  • Penyearah pada bagian sekunder menggunakan 2 buah diode dengan CT (center tap)
  • PSU Toshiba ini dinamakan sistim tipe “Current Resonant”, sedang PSU pada umumnya menggunakan sistim PWM (pulse width modulation)

Tentu saja impedansi tranfo switching Toshiba ini berbeda dengan impedansi sistim PWM. Jadi kami kira PSU STR-z ini tidak dapat diganti dengan Universal Power Suply. Untuk jalan keluarnya maka ganti dengan Universal Power Suply yang sudah ada tranfo switchingnya.

Ada yang  punya pengalaman lain?, silahkan berbagi.

 

***********************

Saturday, June 16, 2012

Beberapa Tips kerusakan IC LA76810A

Revisi.1 dari tulisan sebelumnya

Dibawah ini adalah beberapa tips kerusakan pada teve yang dapat terjadi pada teve yang menggunakan LA76810A

Gambar (tuning) lama-lama geser atau hilang

  • Coil Video-detektor pada pin-48/49 rusak

Gambar geser ke-kiri, ada blok hitam vertikal pada bagian kanan layar

  • Jalur pulsa FBP (H AFC) dari flyback ke pin- terputus
  • Kadang juga bisa diesbabakan karena kerusakan X-tal warna

Gambar (horisontal) roboh

  • Kerusaskan R4.7K pada Hor-VCO pin-29 (kalau dicek pakai ohm meter sepertinya masih bagus). Ganti dengan resistor kualitas bagus (jenis metal film)

Gambar kontras tipis, kontrol kontras tidak mau di adjust

  • Cek apakah pin- ABL ada tegangan sekitar 3v. Biasanya disebabkan kerusakan diode pada sirlit ABL

Gambar tidak ada warna

  • Kerusakan X-tal 4.43
  • Kerusakan komponen pada pin-39 (AFC 1)
  • Salah seting pada Color-mode

Raster/gambar muncul gangguan garis cross (palang)

  • Salah adjustment pada pilihan “IC 76810/76818” pada service-menu.
  • Kesalahan adjustment pada service mode pada CROSS-BW (normal “0”)

Raster/gambar kedip-kedip

  • Salah adjustment pada pilihan “IC 76810/76818” pada service-menu.

Gambar rolling

  • Kesalahan adjustment CD-mode pada service menu (normal “0”)
  • Kerusakan komponen pada Video input pin-44

Auto-serch/Manual search tidak nyantol (gambar sudah terlihat bagus)

  • Periksa jalur AFT-out dari Pin-10 ke mikom atau pin-10 short
  • Periksa jalur sinyal ID dari Pin-22 ke mikom
  • Kesalahan adjustment VIF pada service mode (normal pada “38.9” atau “1”)

Teve dihidupkan langsung “auto-search” sendiri

  • Salah seting SEARCH CHECK pada service mode (normal “0”)

Tidak semua chanel bisa dimemori

  • Kesalahan adjustment VIF pada service-mode (normal “38.9 atau “1”)

Horisontal/flyback tidak kerja

  • Periksa pin-25 Hvcc apakah sudah mendapat tegangan sekitar 5v

Tidak terima siaran, ada noise

  • Salah adjustment pada seting “TUNER TYPE” atau “TUNING MODE” pada service-mode
  • Coil Video IF rusak
  • Kerusakan komponen pada pin-47 atau pin-50
  • Kerusakan komponen pada RF/IF AGC pin-3/4

Tidak terima siaran, tidak ada noise

  • Tidak ada tegangan untuk bagian IF pada pin-8
  • Coil video IF rusak

AV in tidak ada gambar (blank), siaran TV oke

  • LA76810A rusak

Vertikal satu garis (ic vertikal-out OK)

  • Tidak ada tegangan suply pada pin-43
  • Kerusakan komponen pada pin-23/24

Vertikal kurang penuh (ic vertikal-out OK), gambar ada

  • Tegangan suply ke pin-43 drops
  • Kerusakan komponen pada pin-23/24

Vertikal tidak penuh, raster blank, tidak ada OSD

  • Kerusakan ic memori atau jalur SDA/SCL ada yang putus.

Suara satu strip langsung keras

  • Kesalahan adjustment STEREO-OPTION pada service mode (normal adalah “0”)

Suara desis

  • Kesalahan seting Sound-mode (normal “5.5” atau “B/G”)
  • Kerusakan komponen pada pin-52/53/54

Tidak ada suara

  • Kesalahan seting Child-lock (normal adalah “OFF”), karena hal ini menyebabkan muting penguat suara aktip

Friday, June 8, 2012

Sharp mati protek setelah hidup sekitar 30 menit

 

KASUS :

  • Sharp yang menggunakan IX3368 (TDA9381)
  • Setelah hidup sekitar 15 – 30 menit pesawat mati protek, dan led merah kedip-kedip.

 

TINDAKAN ke 1

Menghadapi kasus seperti ini biasanya kami langsung curiga pada sistim protek tegangan. Maka semua sistim protek kami lumpuhkan dengan melepas :

  • ·D203 yang digunakan untuk sampling tegangan BT 33v
  • D607 yang digunakan untuk sampling tegangan 180v
  • D601 yang digunakan untuk sampling tegangan ABL
  • Q603 yang digunakan untuk sampling X-ray protektor
  • D604 yang digunakan untuk sampling tegangan heater

Setelah semuanya kami lumpuhkan............ternyata hasilnya pesawat tetap selalu mati protek

 

TINDAKAN ke 2

  • Karena protek tegangan semua sudah dilumpuhkan tetapi, tetapi tetap mati protek....maka kami mencurigai protek disebabkan problem pada data komunikasi SDA/SCL yang error.
  • maka selanjutnya kami coba ganti Memori dan Tuner (karena mempunyai sambungan SDA/SCL)........dan ternyata masalah tetap problem...………dan kepala mulai pusing.......dan trus apalagi yang mesti yang akan dilakukan????
  • Selagi terus berpikir……… sembari mengamati solderan-solderan dengan bantuan “kaca pembesar” ......terlintas melihat ada solderan seperti agak retak pada kolektor transistor Q751 .
  • Cek skematik diagram - transistor tersebut digunakan untuk regulator tegangan 5 untuk mensuply Memori dan Tuner.

clip_image002

  • Maka kami coba re-soldering kaki transistor tersebut.......dan setelah di-running hingga 2 jam pesawat tidak masalah lagi........artinya BEREEESSS. Pantesan saja protek - karena dengan dropsnya tegangan 5v untuk suply memori akan menyebabkan protek data komunikasi error.

 

*******************************

Wednesday, June 6, 2012

Memahami sirkit protek SHARP

 

Sirkit rangkaian PROTEK teve SHARP adalah merupakan sirkit yang paling complicated (ruwet) jika dibanding merk-merk lain, sehingga sering membuat pusing bagi teknisi junior. Tulisan ini kami buat untuk lebih memudahkan atau memahami sistim protek pada model SHARP.

Pada dasarnya sistim protek SHARP dapat dikategorikan menjadi 2 bagian, yaitu

  1. Protek tegangan
  2. Protek komunikasi data error (SDA/SCL)

 

Protek tegangan - artinya protek akan aktip bekerja bila salah satu tegangan seperti contoh dibawah ini tidak keluar atau nol.

  • Tidak tegangan 5v, 8v, atau 9v
  • Tidak ada tegangan BT 33v untuk Tuner
  • Tidak ada tegangan 180v untuk Video drive
  • Tidak ada tegangan ABL
  • Tidak ada tegangan suply IC Vertikal
  • X-ray protek disebabkan tegangan heater atau flyback naik, biasanya disampling menggunakan Q603
  • Tegangan heater tidak ada (karena kaki flybak retak atau R putus)
  • Tidak ada tegangan suply untuk ic suara
  • Flyback belum bekerja (menyebabkan salah satu tegangan diatas tidak ada)
  • Setiap model yang berbeda penggunaan protek tegangan tidak selalu sama, ada yang hanya menggunakan sedikit dan ada yang menggunakan banyak macam. Untuk melumpuhkan sistim protek tegangan, maka dapat diopen (dilepas) diode-diode dari pin-protek yang menunju tegangan-tegangan tersebut diatas.
  • Jika semua protek tegangan sudah dilumpuhkan dan tetap mati protek, maka kemungkinan penyebabnya adalah protek komunikasi data error.
  • Protek tegangan umumnya diinputkan ke ic Mikrokontrol pada pin-PROTEK. Pada kedaan normal pin-protek harus ada tegangan. Jika salah satu tegangan seperti contoh diatas tegangannya nol, maka lewat sebuah diode akan menyebabkan pin-protek tegangannya ikut jadi nol dan mengakibatkan protek aktip bekerja.

Contoh pin protek input.

  • IC TDA938 = pin-8
  • IC SMd (tempel) kotak 80 -in = pin-63
  • IC SMD (tempel) kotal besar HERCULES = pin-13
  • IC Mikrokontrol kecil 42-pin = pin-7
  • IX2938 = pin-30

 

 

Protek data - artinya protek akan aktip bekerja jika terjadi error pada sistim komunikasi data antar IC, misalnya karena :

  • Eeprom datanya error (eeprom sendiri tidak rusak)
  • Eeprom rusak
  • Jalur SDA/SCL setengah short, ada yang putus atau R pull-up putus (R yang ke jalur Vcc)
  • Kerusakan pada komponen yang memiliki hubungan SDA/SCL seperti tuner, ic tone kontrol, AV –switch dll.
  • Tidak ada tegangan sulply pada ic yang mempunyuai sambungan SDA/SCL (atau tegangan drops)
  • Kerusakan protek data biasanya dapat diketahui dengan cara masuk Service Mode, dimana pesawat akan hidup terus (tidak mati protek)
  • Kerusakan protek data biasanya ditunjukkan dengan lampu indikator led merah yang kedip-kedip. Beberapa model banyaknya kedip yang berulang dapat menunjukkan bagian mana yang rusak.

 

clip_image002

Protektor X-ray

  • Normal tegangan basis adalah nol.
  • Jika basis ada tegangan maka akan menyebabkan mati protek.
  • Untuk melumpuhkan maka dapat dishort kaki B-E.

 

 

*****************************

Service Mode Panasonic chasis EURO-7 TX29P200, TX34P300

 

Model-model Panasonic chasis Euro-7 antara lain adalah : TX29AK40, TX29P200X, TX29P250T, TX29P300X, TX32PG50, TX32PS20D, TX34P300X, TX47PT10

Cara masuk Service Menu 1 (adjust geometri) :

  • Gunakan remote original
  • Set Bass maximum
  • Set Treble minimum
  • Tekan tombol “Vol-Down” pada front panel  +  tombol “INDEX” pada remote
  • Untuk memilih item gunakan tombol “MERAH” dan “HIJAU”
  • Untuk merubah nilai data gunakan tombol “KUNING” dan “BIRU”
  • Setiap kali merubah data harus disimpan dengan tombol “STR”
  • Untuk Exit tekan tombol “N” atau matikan pesawat

Catatan :

  • Adjustment geometri untuk PAL, NTSC, Aspect 4:3 dan Aspect 16:9 masing-masing harus diajust sendiri-sendiri

 

Cara masuk Service Menu 2 (ajust OPTION) :

  • Set pada Chanel 99
  • Masuk seperti Service Menu 1.
  • Pilih item “SPL Gain” dengan tekan-tekan tombol “MERAH” atau “HIJAU”
  • Pada posisi item “SPL Gain”  tekan tombol “HOLD”
  • Tekan tombol “MERAH” atau “BIRU” untuk memilih OPTION
  • Tekan tombol “1” atau “2” untuk memilih/memindah posisi bit Option
  • Tekan tombol Vol Up/Down untuk merubah data bit
  • Setiap kali merubah data bit harus disimpan dengan tombol “STR”
  • Untuk Exit tekan tombol “N” atau matikan pesawat.

 

Contoh data OPTION model TX34P300X :

clip_image002

clip_image004

clip_image006

 

Perlu juga dibaca.

********************************