Friday, April 24, 2015

Memahami kerja bag. suara stereo Samsung TDA9381

 

Kerusakan bagian sistim suara stereo Samsung TDA9381 dengan modul MSP3411 sebenarnya jarang sekali terjadi. Suara hilang dapat disebabkan karena kerusakan komponen atau data error pada eeprom-nya.

image

Bagian suara stereo terdiri dari :

  • U44688, yang berfungsi untuk merubah frekwensi suara dari TUNER menjadi frekwensi IF suara 33.4Mhz yang dioutputkan dari pin-12.
  • Modul MSP3411, merupakan prosesor stereo, volume kontrol dan AV switch. Sinyal IF suara dari pin-12 U44688 di-input ke pin-47 MSP3411. Dan ouputnya yang sudah merupakan sinyal suara (audio) diperoleh pada pin-24/25 ( ke ic audio amplifier) dan pin-30/31 (ke audio out).

image

image 

Kerusakan tidak ada suara :

  • Pastikan dulu bagian penguat audio amplifier normal.
  • Ingat : tidak ada suara jika konektor yang ke front panel belum terpasang, karena mengakibatkan speaker belum nyambung.
  • Cek tegangan Vcc 5v ke U44688 dan tegangan 5v dan 8v untuk modul stereo.
  • Periksa solderan pada modul stereo

 

Tidak ada suara dapat juga disebabkan karena salah adjustment OPTION pada service mode.

image 

  • (3) Audio : Jika pakai modul stereo, rubah dari “mono” menjadi “stereo”.

 

******************************

Tuesday, April 21, 2015

Sharp indikator merah hanya kedip-kedip

 

Lama gak pegang Sharp…….jadinya sasar susur…kesasar kesana-kesini kebingungan….butuh berjam-jam …….walaupun achirnya selesai juga

  • 32LE240….dicolokan listrik led indicator merah hanya kedip-kedip dg jeda sekitar 1 dtk.
  • Pertama coba flash bios dulu…hasilnya sama saja (kesasar ke1…mestinya hal ini tdk perlu dilakukan)
  • Kedua masuk sermod : tekan bersamaan tombol panel INPUT + Vol down kemudian colokkan listrik…..indikator bisa nyala hijau….tetapi layar tetap gelap.

Curiga lampu backlight tidak nyala.

  • Cek bagian Inverter…ketemu sebuah diode short.
  • Ulangi lagi masuk sermod…….sekarang layar bisa nyala……dan ada tampilan huruf “K”
  • Jadi ingat…kalau Sharp backlight tdk nyala….kemudian coba dihidupkan ber-ulang2….maka kalau dicoba sampai 5x akan menyebabkan “error lamp”, dan akibatnya “pesawat tdk dpt dihidupkan”.
  • “Error lamp” mesti di matikan dulu…agar pesawat bisa normal lagi.

Sudah bisa masuk sermod sampai muncul huruf “K”….tapi kelanjutannya lupa/bingung……….sehingga berulang2 setelah pesawat bisa nyala masuk sermod, pesawat selalu mati sendiri lagi………(kesasar yg ke 2…)

IMG_0135

  • Buka-buka catatan : ketemu rumusnya….setelah muncul huruf “K”….seharusnya segera tekan tombol panel “Chanel down + Vol down” secara bersamaan, dan achirnya pesawat bisa nyala terus.
  • Akan muncul pilihan OPTION
  • Pilih OPTION halaman 9/10 dengan tombol “Cursor up/down”
  • Disitu akan ketemu pilihan item “L err stop” dengan nilai data “0”………pilih dh tombol Chanel up/down)………..Rubah data “0” menjadi “1”
  • Atau “Err reset” dengan data “off” dirubah menjadi “on”……….tekan “enter”
  • Matikan pesawat….hidupkan lagi….pesawat kembali normal….beressssssssss.

 

IMG_0137Lewat service mode akan dapat dilihat jika Inverter pernah error sampai 5x, kelimanya mesti dihilangkan atau direset.

 

**********************

Sunday, April 19, 2015

Toshiba 29 dengan HIC1016 horisontal hidup sebentar trus mati protek.

 

 

KASUS :

  • Toshiba 29’ menggunakan HIC1016 eks teknisi kesulitan.
  • Jika dihidupkan horisontal nyembur sebentar trus mati protek.
  • Cek tegangan B+ normal 125v.
  • Cek saat mati protek tegangan Vcc Horisontal ada kemudian hilang lagi.
  • Kelihatan bekas IC chroma, HIC1016 dan komponen sekitarnya  ada bekas-bekas disolder………mungkin udah coba2 ganti ini-itu….tetapi penyebab problem tetap belum diketemukan

Jika seorang teknisi kesulitan dalam hal ini,…… saya dapat memahami karena teknisi “belum mengerti cara kerjanya”. Demikian saya….perlu buka-buka dan pelototi dulu catatan skema bersangkutan dan datas-heet HIC1016 seperti gambar dibawah.

image

image

  • Dari gambar skema jelas kelihatan jika tegangan H.Vcc 9v dikontrol on-off oleh pin-12.
  • Pin-12 HIC1016 sendiri dikontrol on-off oleh ic mikrokontrol lewat pin-9.
  • HIC1016 juga digunakan sebagai protektor Vertikal.
  • Pin-14 adalah merupakan protek input yang dihubungkan dengan sirkit Vcc bagian vertikal.
  • Dan Pin-16 adalah merupakan pin output protektor. Jika ada masalah pada bagian vertikal maka pin-16 ini yang dalam keadaan normal ada tegangan akan dishort ke ground sehingga tegangan berubah menjadi nol………dan tegangan H. Vcc akan di off-kan…dan pesawat mati protek.
  • Untuk melumpuhkan protector H.Vcc…..maka saya open solderan pin-16.
  • Dan sekarang pesawat tidak protek lagi….bisa nyala normal…….
  • Selidik punya selidik memang HIC1016 sendiri yang rusak…..sehingga walaupun bagian vertikal normal….pesawat akan selalu mati protek.

 

**********************************

Saturday, April 18, 2015

Panasonic TX37LX80J….kadang mati protek.

 

Panasonic TX37LX80J

  • Eks bongkar teknisi.
  • Kalau tombol Chanel atau tombol Input diganti, pesawat “kadang” mati protek dengan kedip 7 kali.
  • Mungkin karena saking mumet-nya….oleh teknisi….coba-coba diganti elko-elkonya.

image

SOLUSI.

  • Menurut Service Manual, kedip 7x berarti tegangan 3.3v hilang atau drops.

clip_image002

  • Cek 3.3v pada kaki pin-160 IC4001, ternyata tegangan normal……..Saat chanel dipindah-pindah tegangan tetap stabil
  • Masih belum yakin…….cek elko2 jalur supply 3.3v…….ok semuanya.
  • Masih belum yakin….tambah paralel elko suply 3.3v ke pin-160……..hasil masih tetap sama saja problemnya
  • Masih belum yakin lagi….solder semua jalur suply 3.3v ke pin-160…….hasil NIHIL !!!!
  • Kepala mulai mumet…..trus apanya lagi dong yang mau diperiksa ????

Sabar………jangan menyerah…….coba amati lebih seksama lagi gejalanya….…..”kalau pindah chanel atau input-akan nampak layar GELAP dahulu dan kemudian baru muncul gambar”.

“Gelap” dulu…………ini yang perlu “dicatat”…..mungkin berhubungan dengan penyebabnya….”layar gelap menyebabkan protek ????”

Dilanjutkan pelototi skema Pansonic yang terkenal “bikin mumet”. Skema dipisah-pisah………bikin sakit kepala untuk nyambung-nyambungnya………..Tapi achirnya menemukan titik terang ketika ketemu “sirkit protek” pada halaman 25 dari service manual seperti gambar dibawah.

image

  • Kalau dianalisa secara teknis, sirkit ini merupakan “over voltage protector”.
  • Pada kondisi normal tegangan Basis Q1806 adalah “0v”……….dan Kolektor Q1803 adalah sekitar “6v”
  • Jika salah satu tegangan2 yang disensor ada yang over….maka tegangan tersebut akan “menembus” diode Zener…..sehingga basis Q1806 mendapat tegangan….dan kolektor Q1803 tegangan berubah menjadi “0v”…..dan protek aktip bekerja.
  • Curiga sirkit ini adalah penyebabnya….maka untuk memastikan kami “lumpuhkan” secara total sirkit protek ini dengan cara “men-shortkan” B-E Q1803.
  • Dan ketika di coba…..ternyata…….”wwwooooowww”……sekarang tidak protek lagi.
  • Selidik punya selidik………ternyata saat layar gelap……tegangan suply yang tertulis “24v”….pada kondisi hidup normal tegangannya adalah 22v….dan pada saat layar gelap tegangan naik menjadi sekitar 25v………
  • Lepas kembali jumper B_E Q1803….dan sekarang coba lepas Zener D1824………Benar juga, pesawat tidak protek lagi.
  • Cek data “part list” untuk mengetahui berapa nilai zener.

clip_image002[6]

  • Artinya zener D1825 nilainya 27v…….protek akan aktip jika tegangan 24v over melebihi 27v…..jadi dalam hal ini artinya zener tersebut yang udah “gemblung” alias tidak normal.

 

Trus yang menjadi pertanyaan……”bagaimana analisanya kok bisa kedip 7x””….”apa salah dalam men-desain program mikrokontrolnya????

Thursday, April 16, 2015

Cacat gambar karena kesalahan VESA-JEIDA


Ada 2 macam standard atau format LVDS yang digunakan pada teknik prosesing data gambar Panel lcd, yaitu VESA dan JEIDA
  • VESA, Video Electronics Standards Association
  • JEIDA, Japan Electronic Industry Development Association
Proses pengolahan data gambar LVDS transmitter pada Main-Board ada yang menggunakan format VESA dan ada pula yang menggunakan format JEIDA. Sedang pada receiver LVDS Panel Display lcd dirancang dapat bekerja dengan format VESA maupun JEIDA.
Format kerja transmitter LVDS pada Main-board dan receiver LVDS pada T-con harus sama. Jika format Main-board dan Panel berbeda, maka gambar yang ditampilkan akan cacat seperti contoh gambar dibawah :
image
image
 
Pemilihan format VESA-JEIDA pada panel LCD, merubah tegangan pada salah satu pin kaki konektor T-con yang dinamakan “SEL LVDS” atau LVDS selektor.  Pemilihan tegangan dapat dirubah melalui service mode dan ada pula yang secara manual dengan memasang sebuah resistor ke ground atau 3.3v. Nomor pin SEL LVDS yang digunakan dapat diihat pada “datasheet” tipe panel yang bersangkutan seperti contoh dibawah ini :
image
image


************************************







Tuesday, April 7, 2015

Panel LCD Scan Driver sistim “High-Voltage Level-Shifting”

 

Cara kerja panel Scan-Driver ada beberapa macam. Salah satunya adalah yang digunakan oleh Panel Samsung yang dinamakan “High-Voltage Level-Shifting”.

Cara kerja untuk mendapatkan pulsa2 drive CKV, CKVB, STVP dapat dipahami dengan contoh blok diagram seperti gambar dibawah. Pulsa-pulsa CKV, CKVB, STVP digunakan sebagai pulsa “Row driver” atau kadang juga disebut “Gate –driver”.

  • Pulsa-pulsa CKV, CKVB, STVP, dibentuk dari pulsa-pulsa STV dan CPV.
  • Pulsa-pulsa CKV, CKVB, STVP mempunyai level tegangan tinggi sekitar 35-40v, dan mendapat suply positip dari VGH (Von) dan suply negatip dari VGL (Voff).
  • Pulsa-pulsa CKV, CKVB, STVP dari ic scan-driver dipecah menjadi 2 jalur. Satu jalur masuk ke panel lewat sisi kiri, dan jalur satunya lagi lewat sisi kanan.
  • Kehilangan pulsa-pulsa CKV, CKVB, STVP ( karena short,  jalur putus, atau kehilangan tegangan VGH-VGL)  pada kedua sisi akan mengakibatkan layar blank-no osd, sedangkan kalau hanya satu sisi yang putus biasanya gambar masih tetap ada.
  • High-voltge Shift-Register yang ada pada Row-driver didalam panel kaca kadang rusak dan mengakibatkan gangguan “gambar double vertikal”. Kalau hanya salah satu sisi yang rusak kadang panel masih dapat diperbaiki dengan memutus jalur CKV, CKVB,STVP semuanya, atau kadang cukup salah satu jalur saja pada sisi yang rusak. tetapi hal ini tidak menjamin 100% pasti bisa.

 

image

image

image

image

image

 

*************************************